1. Persiapkan berkas yang diperlukan untuk persyaratan dan kemudian discan :
• Surat Lamaran Kerja
• Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)
• Ijazah/sertifikat yang dilegalisir
• Kartu Indentitas (KTP)
• Pasfoto
• Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
• Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter
• Kartu Kuning (AK-1) Kemenakertrans
Perlu diingat saat melakukan Scan berkas usahakan ukuran file tidak terlalu besar, hal ini bertujuan agar saat mengupload file lamaran prosesnya tidak lama. Anda bisa melakukan setting pada software scanner untuk menentukan ukuran file hasil scan, atau apabila ukurannya masih besar bisa dikecilkan dengan menggunakan aplikasi di windows seperti Microsoft Office Picture Manager, Paint dan lain-lain.
2. Pastikan anda sudah mempunyai akun E-mail. Jika belum anda bisa daftar E-mail lewat Yahoo atau Gmail.
3. Siapkan persyaratan yang dibuthkan perusahaan
Kadang tidak semua berkas lamaran pekerjaan diminta oleh perusahaan. Mungkin hanya berkas utama saja yang diminta untuk kirim via Email, seperti Surat Lamaran, Ijazah, dan CV (Curriculum Vitae). Jika hanya sedikit yang dikirim maka proses pengiriman semakin cepat. Namun jika perusahaan tidak menyarankan itu maka upload saja semua berkas yang anda miliki.
Untuk lebih simple Anda bisa menyusun semua berkas lamaran dalam 1 file PDF, caranya dengan memasukkan file-file tersebut dalam microsoft office word (minimal versi 2007) dan menyimpannya (safe as) sebagai file PDF, atau bisa memasukkan file berkas lamaran dalam satu folder lalu mengkompresnya menjadi format zip atau rar. Hal tersebut dapat meringkas file berukuran besar menjadi lebih kecil sehingga mudah untuk diupload.
4. Tujuan pengiriman dan judul email/Subject
Saat ingin mengirim email pastikan alamat email tujuan sudah benar, periksa kembali dengan teliti jangan sampai surat lamaran Anda tidak sampai atau salah alamat.
Hal yang juga perlu diperhatikan dalam mengirim sebuah email adalah judul/subject nya. Kadang dalam inbox mail seseorang/perusahaan banyak sekali yang belum terbaca, bila judul email yang masuk tidak jelas bisa dianggap spam atau akan diabaikan. Oleh karena itu pemberian judul/subject menjadi sangat penting untuk dicantumkan serta disesuaikan dengan hal yang diminta misalnya Anda bisa memilih judul "Lamaran Pekerjaan Untuk Posisi Manajer Pemasaran" atau bila perusahaan mensyaratkan sistem kode bisa ditulis "Lamaran Pekerjaan Kode 0012" dan lain-lain.
5. Test pengiriman email ke email sendiri
Setelah semua berkas terkumpul dengan baik dan tertata rapi di zip atau RAR kita coba dulu kirim ke Email anda yang lain sebelum ke perusahaan. Tujuan ini adalah untuk melakukan testing apakah semua paket yang di upload sudah terkirim lengkap. Setelah benar-benar lengkap kita kirim keperusahaan dengan Email perusahaan yag dituju. Periksa kembali semua pengiriman, mulai dari E-mail, Subject, dll.
Ini juga ada contoh surat lamaran kerja via Email
To : Jaya.Tunggal@PTgroup.com
Cc : -
Subject : Operator Komputer
Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi pada blog/website di internet, bahwa "PT jaya Tunggal" membutuhkan beberapa lowongan kerja dalam kategori operator komputer, maka yang bertanda tangan di bawah ini, saya :
Nama : Zabir Al Ahsan
Alamat : Jl. Mawar No.13 Banyuwangi
Tempat, Tanggal Lahir : Banyuwangi, 13 Mei 1989
Tendidikan : SMAN 1 Genteng
Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.Bersama ini saya lampirkan satu lembar daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan dalam bentuk attachment.
Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan Bapak/Ibu untuk dites dan diwawancarai.Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.
Hormat saya,
(Zabir Al Ahsan)
Pembuatan
surat lamaran kerja via Email tidak jauh beda deng biasanya, hanya cara pengirimannya saja yang perlu diperhatikan. Semoga
Contoh Surat dan Tips Membuat Lamar Kerja via Email bisa membantu anda dalam
melamar pekerjaan Anda, semoga cepat diterima diperusahaan yang anda lamar.